Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

4 Hal yang Harus Dilakukan setelah Aplikasi Waterproofing Balkon

Apa saja yang harus dilakukan setelah pengaplikasian waterproofing selesai? Baca selengkapnya di sini!
White concrete building under blue sky/image by pexels.com

Pengaplikasian waterproofing pada area balkon bisa memberi hasil yang optimal apabila dilakukan dengan tepat. Dimulai dari proses persiapan yaitu membersihkan area balkon dan memastikan permukaan yang akan di-waterproof benar-benar bersih.

Selain proses persiapan yang tepat, waterproofing juga bisa memberi hasil optimal jika perawatan atau perlakuan setelahnya juga tepat. Mari cari tahu apa saja hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah selesai mengaplikasikan material waterproof tersebut.

Hal yang Perlu Dilakukan setelah Material Waterproof Diaplikasikan

Waterproofing adalah sebuah proses atau tahapan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya rembes dan kebocoran. Setelah proses ini selesai, diharapkan balkon tidak mengalami kebocoran lagi karena permukaannya terlapisi dengan baik.

Namun, sering kali terjadi masalah di mana masih ada rembes atau bocor bahkan meskipun waterproofing sudah selesai dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena ada kesalahan. Misalnya saja kesalahan dalam memilih material waterproof yang digunakan.

Selain itu, kebocoran juga bisa terjadi karena proses pengaplikasian material waterproof kurang tepat, baik saat proses persiapan maupun setelah pengaplikasian selesai.

Berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah pengaplikasian material waterproof agar bisa mendapat hasil terbaik.

      Jangan Menambahkan Campuran Air di Lapisan Kedua dan Ketiga

Saat mengaplikasikan material waterproof, Anda akan diminta untuk mencampur bahan dengan air. Biasanya, ini dilakukan pada lapisan pertama. Namun untuk lapisan kedua dan ketiga, hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Sangat disarankan untuk tidak menambahkan campuran air pada lapisan kedua dan ketiga. Hal ini dilakukan agar hasil akhir dari proses waterproofing bisa optimal.

Tidak adanya campuran air pada lapisan kedua dan ketiga akan memberi kekuatan lebih. Perlindungan pada lapisan yang di-waterproof bisa lebih optimal sehingga mencegah rembes dan bocor lebih baik.

Sebaiknya, proses pengaplikasian waterproofing ini diserahkan pada pekerja yang berpengalaman. Hal ini dilakukan supaya prosesnya bisa berjalan baik dan memang sesuai aturan pemakaian produk waterproof.

      Pastikan Proses Curing Berjalan dengan Baik

Setelah selesai mengaplikasikan material waterproof, lebih baik pastikan proses curing berjalan optimal. Proses curing ini adalah tahapan di mana Anda perlu menunggu sampai bahan waterproofing benar-benar kering.

Sama halnya seperti saat mengaplikasikan semen.Tentunya, Anda perlu menunggu sampai material semen tersebut kering dan mengeras dengan baik. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal sesuai harapan.

Setelah memastikan proses pengaplikasian selesai, diamkan dulu area balkon sampai proses curing sempurna. Dalam hal ini, Anda tentu perlu mengosongkan area balkon dan tidak menggunakannya untuk sementara waktu.

Jika selama proses curing, Anda menyentuh area waterproofing, maka bisa jadi hasilnya kurang optimal. Material waterproof belum mengering dengan sempurna sehingga lapisannya tidak bisa memberi perlindungan terbaik.

Low-angle photography of gray concrete building/image by pexels.com

      Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung saat Pengeringan

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga agar area yang di-waterproofing tidak terpapar sinar matahari langsung. Biasanya, ini harus dilakukan selama proses curing atau pengeringan.

Proses pengeringan memang adalah tahap yang sangat penting saat Anda melakukan waterproofing. Jika tidak kering sempurna, maka bahan waterproof tidak bisa memberi perlindungan yang baik.

Namun, mungkin cukup sulit untuk menjaga area balkon terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Ini terjadi karena balkon berada di area luar dan pasti akan terpapar sinar matahari. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menutupi area balkon dengan penutup khusus.

Pastikan saja area yang dilapisi bahan waterproof terjaga dengan baik. Jika proses pengeringan sudah selesai, maka area balkon bisa kembali dibuka dan terpapar sinar matahari seperti sedia kala.

      Pastikan Sirkulasi Udara Berjalan Lancar

Anda juga harus menjaga agar sirkulasi udara di area yang diolesi bahan waterproof cukup lancar. Sirkulasi udara yang baik akan sangat berpengaruh pada keberhasilan proses waterproofing.

Jika area aplikasinya adalah balkon, maka hal ini tidak sulit untuk didapatkan. Balkon berada di area luar sehingga secara otomatis tempat tersebut terpapar udara luar dan sirkulasi udaranya lancar.

Namun, hal ini bisa jadi masalah jika Anda melakukan waterproofing di area yang tertutup. Sirkulasi udara di area tertutup bisa jadi kurang bagus dan akan menghambat proses curing.

Jadi, sesuaikan saja dengan kondisi area waterproofing. Jika sirkulasi udaranya lancar, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan proses curing yang lebih baik. Namun, jika dirasa sirkulasi udara kurang lancar dan area terlalu lembab, maka lakukan upaya untuk membuatnya lebih lancar.

Demi mendapatkan hasil yang terbaik, tidak ada salahnya untuk memilih produk waterproof yang berkualitas bagus. Material waterproof yang bagus biasanya mudah untuk diaplikasikan sekaligus memiliki proses curing yang mudah.

Kesimpulan

Proses waterproofing memang akan berjalan dengan baik dan hasilnya optimal jika bahan yang digunakan berkualitas. Sikalastic 110 bisa menjadi sebuah pilihan tepat apalagi jika Anda perlu melakukan waterproofing pada area balkon.

Produk waterproof Sikalastic 110 memiliki elastisitas yang tinggi dan punya ketahanan sangat baik dalam mencegah retak. Selain itu, produk ini juga mudah untuk diaplikasikan dan sudah terbukti non-toksik serta eco-friendly.

SIKA itu sendiri merupakan brand yang sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan banyak terlibat dalam berbagai project global. Salah satunya adalah project Resort and Hotel Construction di Yunani. Selain itu, SIKA juga merupakan brand pertama yang mencetuskan semen waterproofing di Indonesia.

Pengaplikasian waterproofing pada balkon bisa memberi hasil optimal berkat pemakaian produk Sikalastic 110. Langsung saja klik di sini untuk mendapat informasi produk lebih lengkap.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.