Selamat datang di hajatan tertinggi blog ini yakni Anugerah Film Nasional (selanjutnya AFN) 2017. AFN 2017 adalah transformasi dari BlackWhite Movie Award. Sampai saat ini saya masih terus mencari nama dan formula yang pas untuk penghargaan ini. Menggunakan istilah “Paling Keren” agar memang beda dari penghargaan lainnya. Sudah banyak istilah yang digunakan mulai dari terbaik, terpuji, terpilih bahkan hingga terseleb, terinbox, terdahsyat dan tersilet. Entah ke depan bakal ada ter- apa lagi.

     Selain itu, sudah 3 tahun yang lalu AFN melibatkan publik untuk memilih nominasi favoritnya. Istilahnya menggunakan kata “terfavorit”. Nominasi yang dipilih tentunya berbeda parameternya dengan “Paling Keren”. “terfavorit” masih mempertimbangkan banyak hal terutama kaitannya dengan popularitas, sementara “paling keren” murni apresiasi dari saya sendiri tanpa peduli dengan hal-hal yang berbau populer.

     Seharusnya AFN diluncurkan pada tanggal 5 Oktober yang bertepatan dengan ulang tahun saya. jadi, selain untuk mengapresiasi film Indonesia pun sebagai apresiasi diri yang cinta aka film Indonesia. Selama periode Oktober 2016 hingga September 2017 total film yang berhasil ditonton hanya 86 film. Tentunya ada beberapa film yang tidak ditonton, namun semoga 86 film ini memang sudah mewakili film-film yang paling keren.

     Sebuah apresiasi film tidak akan pernah bisa memuaskan semua pihak, namun ijinkan saya mempersembahkan hasil (kurang) kerjaan saya kepada publik melalui nominasi Anugerah Film Nasional 2017. Berikut nominasinya:

  1. Penata Musik Paling Keren
    Musik dalam film merupakan salah satu nyawa untuk menyampaikan emosi kepada penonton jika ditata/ditempatkan dengan tepat. Saya memilih 5 nomine di bawah ini yang saya anggap penataan musiknya mampu melarutkan emosi. Kasarnya, jika musiknya ditiadakan, film ini tak akan berarti apa-apa.
    AFN2017 - Penata Musik
  2. Penata Suara Paling Keren
    Desing peluru, suara orang berjalan, desir angin, pintu dibuka dan sejumlah suara lainnya adalah contoh penataan suara dalam film. Element ini juga mampu menambah emosi dalam filmnya. Tata suara memang biasanya lebih maksimal terasa jika di film-film dengan genre laga/horor. Namun tak menutup kemungkinan di geren lainnya, seperti Istirahatlah Kata-kata yang saya masukkan dalam nomine ini.
    AFN2017 - Penata Suara
  3. Penata Artistik Paling Keren
    Bukan semata-mata set & properti yang mahal/mewah, artistik film harus membuat film terlihat art-nya. Artistik ini pun mendukung seluruh elemen film sehingga menyatu dengan apa yang diiinginkan dalam skenario. Sang penata artistik harus mampu menjaga consistency & continuity dari set & properti yang telah dirancangnya.
    AFN2017 - Penata Artistik
  4. Penata Busana Paling Keren
    Busana bisa saja menjadi bagian dari artistik. Namun kategori ini dipisah demi menghargai seluruh perancang busana yang ada di film. Yang saya nilai adalah bagaimana busana itu mewujudkan karakter tokoh. Elemennya terkait model, potongan ataupun warna. Sia-sia belaka busana yang digunakan apabila tak sesuai dengan karakter aktornya.
    AFN2017 - Penata Busana
  5. Penyunting Gambar Paling Keren
    Pada prinsipnya proses editing adalah putus nyambung gambar. Namun pada pelaksanaan tak sesederhana itu. Editor harus mampu membuat rangkaian cerita sesuai visi dan misi film serta berani membuang yang memang dirasa tak perlu. Perkembangannya film kita sudah beragam genre pun banyak yang memanfaatkan teknologi. Proses editing pun menjadi punya tantangan lebih.
    AFN2017 - Penyunting Gambar
  6. Penata Efek Visual Paling Keren
    Film Indonesia sudah banyak menggunakan efek khusus pada film-filmnya. Tak hanya pada genre laga/horor, drama hingga komedi pun banyak yang menggunakan efek visual. Yang paling menjadi pertimbangan untuk masuk di kategori ini adalah screen time efek visual cukup banyak persentasinya terhadap total durasi. Menjadi tidak arif jika saya memasukkan film Wonderful Life ke nominasi ini hanya karena satu scene ada semacam doodle/animasi yang berterbangan.
    AFN2017 - Penata Efek Visual
  7. Penata Kamera Paling Keren
    Keindahan bidikan kamera bukanlah sebatas keindahan alam atau kota-kota luar negeri. Hasil gambar haruslah tepat proporsi dan hendaknya memiliki maksud/visi untuk memberikan penonton suatu informasi. Bahkan saat tak ada dialog pun, kamera harus berbicara banyak.
    AFN2017 - Penata Kamera
  8. Lagu Tema Paling Keren
    Ini jelas beda dengan penata musik. JIka pada penata musik lebih ke arah penempatannya dalam film, lagu tema lebih ke arah pada subjeknya yaitu lagu sendiri. Penilaian saya terhadap kategori ini sungguh sederhana. Manakala setelah film usai, saya terhipnotis untuk cari lagu tersebut dan mendengarkannya berulang-ulang sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
    AFN2017 - Lagu Tema
  9. Penulis Skenario Adaptasi Paling Keren
    Sebetulnya saya tak ingin memisahkan antara adaptasi dengan asli (non adaptasi). Namun mengingat banyaknya film yang diadaptasi terutama dari novel membuat kita krisis penulisan skenario asli. Film dengan struktur naskah yang baik sesuai kaidah tentu harus sudah menjadi kewajiban para penulis dan filmmaker. Namun, bagaimana membuat naskah yang menginspirasi juga mengandung nilai-nilai edukasi tentu bukan perkara mudah. Oleh karenanya, saya tidak ingin mencederai apresiasi saya dengan memasukkan film-film seperti Hantu Jeruk Purut Reborn, Hangout atau Gunung Kawi ke dalam kategori Penulis Skenario.
    AFN2017 - Penulis Skenario Adaptasi
  10. Penulis Skenario Non Adaptasi Paling Keren
    AFN2017 Penulis Skenario Non Adaptasi

    Semoga berkenan dan selamat menikmati. Tunggu kategori pemeranan, sutradara dan film Paling Keren di part selanjutnya.